10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email
Tutorial

10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima

Lamaran Kerja adalah Hal Terpenting untuk Mendapat Pekerjaan

10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima – Seiring berkembangnya teknologi dimana sekarang serba online, ternyata mempengaruhi aktivitas kehidupan manusia termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Jika dulu melamar pekerjaan dengan mendatangi langsung tempat yang akan kita lamar beserta surat lamaran pekerjaan, saat ini surat lamaran kerja dapat dikirim melalui email (online). Berikut ini 10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima.

10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima

Tata Cara 1: Mempersiapkan File Dokumen Persyaratan

Langkah awal membuat surat lamaran pekerjaan via Email adalah mempersiapkan file-file dokumen persayaratan. Ketikan surat lamaran dibuat serapi mungkin melalui microsoft office. Persiapkan juga persyarat lain seperti warna pas foto, ukuran, mencantumkan ijazah, KTP, riwayat hidup dan lain lain-lain.

Tata Cara 2: Konversi File Dokumen Persyaratan menjadi PDF

Salah satu cara agar file dokumen rapi saat mengirim berkas lamaran kerja via email adalah mengubah file microsoft office (doc) menjadi PDF. Cara mengubah menjadi PDF adalah Save as PDF di microsoft word.

Jika memerlukan tanda tangan, Anda bisa print terlebih dahulu, tanda tangan lalu scan. Semua berkas mencangkup surat lamaran pekerjaan, CV, kartu identitas, foto dan berbagai surat pendukung lainnya harus Anda scan dengan format file yang sama. Atau bisa di scan menjadi satu file saja.

Save as PDF
Save as PDF

Tata Cara 3: Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan menggunakan Email Nama Asli

Sering sekali kita membuat alamat email seperti gmail menggunakan kata alay. Nah, jika sedang melamar pekerjaan, buatlah email baru menggunakan nama asli. Sebab, banyak perusahaan besar mempertimbangkan terkait keformalan si pelamar. Usahakan untuk tidak menggunakan email dengan nama samaran atau nama lain yang aneh. Nama lengkap Anda sudah cukup bagus untuk dilihat sebagai pengirim.

Tata Cara 4: Kirim Surat Lamaran Pekerjaan sesuai Standar Pengiriman Email

Saat mengirim email, ada form yang harus diisi, seperti subjek, isi email dan lampiran file. Isilah sesuai standar pengiriman email. Selain itu, lebih baik jika email dikirim di jam kerja perusahaan tersebut. Hindari pengiriman email di malam hari untuk menghindari norma kesopanan.Lamaran Pekerjaan via Email

Tata Cara 5: Mengisi alamat email perusahaan dengan baik dan benar

Sebagai seorang pelamar pekerjaan, anda harus memastikan bahwa alamat email perusahaan yang anda lamar sudah benar. Hal ini untuk memastikan bahwa surat lamaran pekerjaan anda sudah terkirim dan diterima pada bagian HRD.

10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima

Tata Cara 6: Mengisi Subjek atau Judul Email dengan benar

Dibeberapa lowongan pekerjaan biasanya mencantumkan beberapa ketentuan yang harus diikuti seperti subjek dalam pengiriman surat lamaran kerja. Memang, dalam beberapa perusahaan lainnya tidak memberikan ketentuan itu, maka sebaiknya Anda selalu teliti dalam mengisi subjek. Dengan mengisi subjek email memiliki fungsi yang baik untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang masuk dengan membaca judulnya saja.

Tata Cara 7: Isi Badan Email

Beberapa perusahaan memberikan ketentuan untuk mengisi badan email, namun sebagian lagi tidak. Untuk perusahaan yang tidak mengharuskan ketentuan itu, maka Anda bisa menggunakan salam pembuka dan memperkenalkan diri Anda saja. Hal terpenting saat mengisi badan email jangan terlalu panjang sebab hal ini akan menyebabkan terabaikannya lamaran Anda.

Tata Cara 8:  Melampirkan Semua Persyaratan yang Dibutuhkan

Apabila sudah mengikuti semua prosedur yang disediakan diatas, hal berikutnya yang tidak kalah penting atau inti dari pengiriman surat lamaran adalah melampirkan semua persyaratan file. Pastikan semua berkas sudah Anda lampirkan secara lengkap. Seperti yang sudah kita singgung sebentar di atas bahwa ukuran tidak lebih besar dari 2MB sebagai batasnya.

Tata Cara 9: Memeriksa kembali semua bagian

Setelah semua sudah diisi dan dilampirkan, Jangan langsung kirim email Anda tersebut. Sebelum itu lakukan pemeriksaan ulang. Hal ini dilakukan dengan meninjau dari awal sampai akhir termasuk bagian nama alamat perusahaan yang dituju, subjek atau judul, bagian isi email, dan lampiran yang akan dikirim apakah sudah lengkap atau belum. Tahap ini penting dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan atau salah melampirkan berkas.

Tata Cara 10: Kirim Surat Lamaran Kerja

Langkah terakhir adalah “Kirim Surat Lamaran”. Apabila melalui pemeriksaan semua sudah lengkap dan benar, tiba saatnya untuk mengirimkan lamaran pekerjaan Anda dengan cara menekan tombol kirim atau send yang umumnya terdapat di bagian bawah email. Dengan demikian Anda sudah selesai dalam mengirim email. Untuk selanjutnya adalah Anda hanya perlu berdoa semoga surat lamaran Anda dibaca, dibalas dan diterima oleh peusahaan impian Anda.

Demikian tadi informasi terbaru mengenai 10 Tata Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan via Email yang baik dan agar diterima. Selamat berusaha ya.

10 Tata Cara Kirim Surat Lamaran Kerja via Email Biar Diterima

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu dan informasi terbaru. Semoga yang tertuang dalam website sederhana ini bermanfaat untuk sahabat semua dan terhitung menjadi amal jariyah kelak walau hanya sebesar biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker