Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020
Kesehatan

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020

Kemudahan Peserta BPJS Kesehatan untuk Turun Kelas Karena Iuran Naik

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020 – Perbincangan mengenai BPJS Kesehatan di media sosial maupun di dunia nyata sering sekali terdengar. Hal ini ditengarai iuran bulanan / premi BPJS Kesehatan naik 100% dari bulan sebelumnya. Kenaikan ini terjadi di kelas 1 dan 2, namun untuk kelas 3 tidak begitu berpengaruh karena naik tidak begitu signifikan jika di banding kelas 1 dan 2. Hal inilah yang menyebabkan peserta BPJS banyak yang ingin turun kelas. Begini syarat dan cara turun kelas BPJS Kesehatan secara Online tahun 2020.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan 2019 ini tidak main-main, mulai bulan Januari 2020 iuran BPJS Kesehatan naik 100%, dari yang tadinya Rp. 80.000 untuk kelas 1 menjadi Rp. 160.000, kelas 2 dari Rp. 51.000 menjadi Rp. 110.000, dan kelas 3 dari Rp. 25.500 menjadi Rp. 42.000.

Sejak diluncurkannya BPJS Kesehatan hingga saat ini  di tahun 2019, BPJS terhitung sudah 3 kali terjadi kenaikan iuran dan yang paling parah mulai awal tahun 2019 karena naik 2 kali lipat. Disini admin menggunakan kelas 2 ingin turun kelas 3 namun tidak dapat dilakukan karena dibayarkan oleh institusi tempat admin bekerja.

Ada beberapa alasan kenapa memutuskan turun kelas dikarenakan naiknya iuran tersebut terlalu memberatkan, apalagi kebutuhan hidup bukan cuma BPJS saja. Ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi seperti biaya listrik, internet, makan, dan lain sebagainya.

Alasan selanjutnya karena terlanjur terdaftar sebagai pengguna BPJS Kesehatan tidak bisa berhenti, harus membayar iuran sampai mati. Niatnya sih bagus, saling gotong-royong menolong orang yang sakit dengan iuran kita. Ya itung-itung sebagai shodaqoh menolong orang lain meskipun kita sendiri tidak sakit.

Turun Kelas BPJS Secara Online
Turun Kelas BPJS Secara Online

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020

Shodaqoh yang baik menurut pemahan adalah sesuai dengan kemampuan, kalau dituntut membayar iuran BPJS Kesehatan kelas 1 maupun kelas 2 cukup berat untuk pekerja mandiri. Katanya sih gotong-royong namun kalau tidak boleh berhenti berarti pemaksaan dan pemerasan yang dilakukan pihak BPJS dan pemerintah.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan telah diatur dalam Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tenang Jaminan Kesehatan. Perpres tersebut merupakan perubahan yang dibuat pada tahun sebelumnya yaitu Perpres Nomor 82 Tahun 2018.

Download: Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tenang Jaminan Kesehatan
Download: Perpres Nomor 82 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan

Demikian tadi informasi terbaru mengenai tutorial dan Cara Turun kelas BPJS Kesehatan secara online di tahun 2020. Semoga bermanfaat informasi

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online 2020

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu dan informasi terbaru. Semoga yang tertuang dalam website sederhana ini bermanfaat untuk sahabat semua dan terhitung menjadi amal jariyah kelak walau hanya sebesar biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker