Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019
Berita

Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019

Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna, Kapal TNI AL Tetap Menahan Diri

Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019 – Akhir-akhir ini Indonesia serasa sedang diremehkan di dunia Internasional, bahkan di kawasan Asean. Mengapa?.

Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019

Belum selesai insiden dengan Malaysia kemarin, kini Indonesia diremehkan kembali yakni kapal milik TNI AL ditabrak dengan sengaja oleh kapal Vietnam.Kapal TNI Di tabrak kapal Vietnam

Video yang merekam kapal pengawas perikanan Vietnam yang dengan sengaja menabrakkan diri ke KRI Tjiptadi-381 yang sedang patroli menangkap kapal illegal fishing di Natuna Utara viral di media sosial terutama Faceboom. Saat diprovokasi, KRI Tjiptadi-381 tetap menahan diri.

“Berdasarkan lokasi penangkapan, bahwa benar kejadian berada di perairan Indonesia. Sehingga tindakan penangkapan yang dilaksanakan oleh KRI Tjiptadi-381 adalah sudah benar dan sesuai prosedur.

Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019

Namun, pihak Vietnam juga mengklaim bahwa wilayah tersebut merupakan perairan Vietnam,” kata Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4/2019).

View this post on Instagram

INSIDEN DITABRAKNYA KRI TPD 381 OLEH DUA KAPAL DINAS PERIKANAN VIETNAM DI LAUT NATUNA. Sabtu, 27 April 2019 Saat KRI TPD TNI AL melaksanakan patroli di laut Natuna dan menangkap sebuah kapal berbendera Vietnam KIAV BD 979 karena kedapatan melakukan ilegal fishing, dua kapal dinas perikanan Vietnam mendekat untuk menghalangi proses penangkapan. Kedua kapal yang diidentifikasi sebagai kapal dinas perikanan Vietnam (KN 264 dan KN 213) kemudian bermanuver mendekati KIAV BD 979 dan beberapa kali menabraknya hingga mengalami kerusakan pada bagian bakat. Meski diteror dua kapal Vietnam, KRI TPD TNI AL tetap menyeret kapal asing tersebut ke Lanal Ranai tanpa menghiraukan manuver dua kapal dinas perikanan Vietnam yang terus melakukan manuver berbahaya. Diluar dugaan, KN 264 melakukan aksi nekat dengan menabrak KRI TPD TNI AL dari sisi lambung kiri. Sedangkan KN 213 menabrak KIAV BD 979 hingga bocor dan tenggelam. . Melihat situasi KRI yang bisa terseret kapal KIAV BD 979 karena tenggelam akhirnya komandan kapal perintahkan potong seluruh tali yang menghubungkan KRI TPD dengan KIAV BD 979. Tidak lama, kedua kapal dinas perikanan Vietnam akhirnya pergi menjauh. Sejumlah 15 ABK KIAV BD 979 berhasil diamankan dan diinterogasi. (@infokomando) (@indonesian_military45) (@tnipolri_indonesia45)

A post shared by MILITER INDONESIA ?? (@indonesian_military45) on

“Terkait tindakan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 sudah benar dengan menahan diri, untuk meminimalisir adanya ketegangan atau insiden yang lebih buruk di antara kedua negara, di mana kejadian/insiden di atas akan diselesaikan melalui Goverment to Goverment (G to G),” paparnya.

Peristiwa itu sendiri terjadi pada Sabtu (27/4/2019) pukul 14.45 WIB. Akibat provokasi kapal pengawas perikanan Vietnam tersebut, kapal maling ikan Vietnam bocor dan tenggelam. 12 ABK kapal ikan Vietnam tersebut berhasil diamankan ke KRI Tjiptadi-381. (Sumber: detik.com)

Demikian tadi informasi terbaru viral instagram dan youtube. Semoga terdapat ibroh untuk kita semua.

Kapal TNI AL Ditabrak Kapal Vietnam di Natuna 28 April 2019

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu dan informasi terbaru. Semoga yang tertuang dalam website sederhana ini bermanfaat untuk sahabat semua dan terhitung menjadi amal jariyah kelak walau hanya sebesar biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker