Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi
Opini

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi – Toko online sepertinya menjadi primadona sekarang ini. Sebelumnya, toko online hanya dimanfaatkan untuk orang-orang yang ingin mendapatkan barang namun tidak ingin bepergian. Namun, kini sepertinya menjadi tempat utama berbelanja menggeser toko-toko mainstream pinggir jalan.

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi

Marketplace Facebook PenipuTokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, OLX hingga JD ID tentu sudah tidak asing bagi kita. Hampir semua kebutuhan dan keperluan kita tersedia disana. Mereka menawarkan harga yang murah, bebas ongkos kirim hingga cashback setiap harinya.

Facebook sebagai raksasa media sosial juga tak mau ketinggalan. Facebook merilis fitur berupa “Marketplace” sebagai tempat untuk berjualan di media sosial miliknya.

Secara pribadi, saya belum pernah memanfaatkan fitur ini. Fitur marketplace muncul di bar bagian atas, bersebelahan dengan tombol profil. Mengapa hingga saat ini saya belum pernah menggunakannya? Cerita dari sahabat facebook bernama Vatih yang mungkin mewakili alasan saya.

Marketplace Facebook tidak seperti lapak-lapak di atas. Mereka berposisi sebagai orang ketiga. Jadi, uang kita aman saat kita belum mendapatkan barang kita. Berbeda dengan OLX, walau OLX tidak menawarkan diri sebagai pihak ketiga pembawa uang, namun dengan OLX kita dapat mencari barang sesuai lokasi kita berada. Jadi, kita bisa COD dengan penjual.

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi

Temuan dari Vatih sangat mengejutkan. Iseng ingin membeli barang namun si penjual meminta untuk dikirim saja. Vatih sampai melipat gandakan harga hingga 800% agar bisa ketemuan (COD), namun ditolak mentah-mentah oleh penjual.

Atas indikasi seperti inilah, sepertinya memang niat menipu buyer sangat nampak. Sebagai buyer, kita mesti hati-hati jika kita ditawari barang yang miring harganya dibanding pasaran.

Status Ibrahim Vatih :

Heran aja sama Facebook yang bikin fitur Marketplace tapi sisi keamanannya ngga diperketat.

Saya beberapa kali ngetes chating sama mereka, screenshot yang saya upload ini cuma salah satu contoh aja.

Kebayang ngga udah berapa banyak korban yang bergelimpangan lewat fitur ini?

Berikut ini chat ISENG dengan penipu :

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi 2 Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi 3 Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi 4 Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi 5

Semoga kita semua selalu hati-hati dalam bertransaksi, usahakan melalui pihak ketiga untuk keamanan.

Marketplace Facebook Sebagai Tempat Nyaman Penipu Beraksi

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu dan informasi terbaru. Semoga yang tertuang dalam website sederhana ini bermanfaat untuk sahabat semua dan terhitung menjadi amal jariyah kelak walau hanya sebesar biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker