Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection) 6 Layer
Teknologi

Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection) 6 Layer

Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection) – Protocol adalah prosedur aliran informasi di dalam jaringan. Dua buah komputer yang berkomunikasi harus mengerti bahasa yang digunakan dan tahu prosedur berbicara yang benar. Prosedur Bagaimana 2 buah sistem komputer dapat berkomunikasi disebut Protocol.

Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection)

Pada mulanya setiap pembuatan komputer menggunakan protokol sendiri-sendiri. Hal ini dapat menyulitkan pihak pemakai karena menjadi tergantung kepada satu jenis sistem komputer, maka timbullah usaha dari berbagai pihak untuk membuat protokol standar, seperti :

  • Asyncronous
  • Synchonous
  • OSI (Open System Interconection)
  • X.25
  • IEEE 802 (Institute of Electronics and Electrical Engineers)
  • TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Pengertian Protokol OSI
Pengertian Protokol OSI

OSI (Open System Interconection) adalah sebuah protocol yang dibuat oleh ISO (Internation Standard Organisation) dan bentuknya di bagi tujuh lapis (Layer) yang dimulai dari bawah.

OSI ini merupakan model yang terbaik dari sekian model standar yang ada. Model ini merupakan model yang unik, sebab tidak membutuhkan standar komunikasi khusus yang harus digunakan, jadi dapat membuat kekhususan system yang digunakan. Disamping itu OSI memiliki pengatur dan menuntun yang mudah diikuti. Dengan adanya tujuh lapis layer tadi maka standarisasi mudah dilaksanakan dan Sudah barang tentu data yang dikontrol membutuhkan banyak tambahan bit. Ke-7 layer tadi yaitu :

Layer Physical

(1) Tingkat paling bawah model OSI memberikan spesifikasi fisik dan karakter elektris didalam NetWork. Lapisan ini meliputi kabel, konektor, dan repeater. Anda dapat membayangkan tingkat ini sebagai lapisan Hardware.

(2) Pada lapisan ini sinyal elektrik memasuki atau meninggalkan kabel. Pola bit, metode pengkodean, dan token, adalaha contoh element-element yang dikenal pada lapisan ini. Lapisan data link mendeteksi error dan mengoreksinya dengan cara meminta transmisi ulang. Karena kerumitannya, lapisan data link dipecah kedalam lapisan Media Acces Control (MAC) dan Logikal Link Control (LLC). Lapisan MAC mengelola akses NetWork (perawatan token atau pendeteksi collision) dan control NetWork. Lapisan LLC yang beroperasi pada tingkat lebih atas mengirim dan menerima pesan.

Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection)

Layer NetWork

Bertugas menerima pesan dari lapisan diatasnya, kemudian memecah menjadi beberapa paket dan mengirim ketujuan memulai lapisan dibawahnya (data link dan physical). Pada komputer penerima. Lapisan ini menyusun paket kedalam bentuk pesan seperti aslinya. Jadi lapisan ini memindahkan dan mengarahkan pesan agar sampai ke tujuan. Lapisan ini bertanggung jawab atas pengalamatan dan pengiriman pesan

Layer Transport

Bila lebih dari satu paket ada didalam proses pada satu saat, Lapisan ini mengontrol urutan komponen pada pesan dan mengatur aliran lalu lintas Bila terdapat duplikasi paket datang, Lapisan ini akan mengetahuinya dan kemudian membuangnya. Atau bisa dikatakan bertugas mengontrol integritas antar Terminal dengan cara membuat atau memutuskan hubungan.

Layer Session

Mengatur komunikasi dengan pemakai. Fungsi yang didefinisikan dalam sesion ini memungkinkan aplikasi yang dijalankan dua workstasion mengkordinasikan komunikasinya kedalam satu sesi. Sesi merupakan pertukaran pesan atau dialog diantar dua workstasion bila yang lain mengeluarkan sesi dan menghentikan sesi atas dasar permintaan.

Layer Persentation

Bertugas membuat format data yang hendak dikirim. Bila komputer IBM, DEC, Apple, dan Next, ingin berkomunikasi satu sama lain, maka dibutuhkan penerjemahan dan pengaturan urutan byte. Lapisan ini mengkonversi data kedalam format numerik internal mesin.

Layer Application

Lapisan ini merupakan lapisan program aplikasi. Sebuah pesan yang dikirim ke dalam Network memasuki tumpukan protokol model OSI pada titik ini, melewati lapisan-lapisan di bawahnya sampai dasar ke arah lapisan pertama (Lapisan Physical), dan meninggalkan workstasion tersebut, dan memasuki lapisan dasar dari komputer lainnya sampai lapisan applikasi pada komputer itu.

Setiap lapisan pada OSI dibatasi oleh eh eh antarmuka yang memungkinkan berbagai jenis komputer digabung menjadi satu jaringan perhatikan pada gambar diatas. (sumber)

Pengertian Protokol Model OSI (Open System Interconection)

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru yang berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu dan informasi terbaru. Semoga yang tertuang dalam website sederhana ini bermanfaat untuk sahabat semua dan terhitung menjadi amal jariyah kelak walau hanya sebesar biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker